Minggu, 20 Februari 2011

kalau turun dari bis mengapa kaki kiri dulu ya?

Topik ini mungkin sudah sering dibicarakan atau juga sudah tahu jawabannya,jadi keliatan telat ya...hee. Tapi bukan hal itu yang menjadi esensi untuk menampilkan topik ini lagi. Hal utamanya adalah bagaimana diliat secara ilmiah, tentunya bidang ilmu yang pas disini,,,yups fisika.

Kasus ini berkaitan dengan objek bergerak, Hukum Newton I atau Hukum kelembaman menyebutkan setiap benda bermassa memiliki kelembaman (kemalasan) maksudnya Suatu benda yg diam akan tetap diam/ malas/sulit bergerak dan yang bergerak akan tetap bergerak malas/sulit berhenti, jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tsb. Jadi kalau kita turun dari kendaraan yang sedang bergerak maka tubuh akan cenderung bergerak sehingga kita cenderung terjatuh.

Lalu apa kaitan dengan kalau turun harus dengan kaki kiri dahulu. Hal ini lebih dikarenakan agar posisi tubuh kita relatif seimbang dengan bergerak ke depan. Sebaliknya dengan kaki kanan tubuh justru bergerak ke arah samping mengikuti gerak kendaraan sehingga keseimbangan tidak terjaga dan kita cenderung bergerak akibatnya terjatuh.

Jadi kesimpulannya adalah posisi tubuh yang mengikuti gerak kendaraan maka akan cenderung ikut bergerak sehingga kita bisa terjatuh dengan tumpuan keseimbangan yang salah. Yakni dengan tumpuan kaki kiri yang membuat tubuh bergerak ke depan maka tubuh akan seimbang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar