Senin, 14 Maret 2011

Panduan Harian Selamatkan Hutan

Banyak hal yang bisa kita lakukan,untuk menyelamatkan alam semesta. Bukan saja aksi-aksi kolosal, tapi kegiatan-kegiatan sederhana yang bisa kita mulai dari rumah. 

Hindari tanda terima ATM 

Saat bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kita selalu mendapat pertanyaan apakah perlu kertas bukti tanda terima? Hindari meminta tanda terima, karena transaksi sudah tercatat secara otomatis. Kertas tanda terima ATM adalah sampah massal terbesar di dunia. Jika seluruh nasabah perbankan di Amerika Serikat menolak menggunakan kertas tanda terima, mereka sama artinya menghemat kertas sepanjang dua milyar kaki atau setara dengan 15 kali lingkaran bumi!

Stop Tas belanja plastik

Setiap kali belanja, belanja apapun barangnya, di warung kecil atau swalayan besar, para pelayan selalu membungkus belanjaan dengan tas plastik. Setiap tahun, penduduk Amerika menggunakan lebih dari lima milyar tas plastik untuk belanjaan mereka. Dan menurut United State Enviromental Protection Agency, hanya 1% saja dari jumlah tersebut yang didaur ulang. Padahal untuk membuat satu tas plastik, dibutuhkan bahan bekas yang mampu menjalankan mesin sejauh 1,5 kilometer. Apalagi, plastik adalah bahan yang tak bisa didaur ulang meski dalam hitungan seratus tahun. Gunakalah keranjang atas tas kain, yang bisa dipakai ulang dan dibersihkan, seperti zaman yang sudah silam. Insya Allah akan dihitung sebagai usaha menyelamatkan lingkungan.

Kurangi durasi waktu mandi

Ternyata, usaha menyelamatkan alam bisa kita lakukan dari kamar mandi kita sendiri. Hematlah air bersih, karena hari ini persediaan air bersih untuk pulau jawa terus menyusut sampai pada angka yang mengkhawatirkan. Tahun 1930, pulau jawa masih mampu memberi suplai air bersih sebanyak 4.700 meter kubik per kapita per tahunnya. Tapi hari ini, hanya ada 1.500 meter kubik per kapita per tahun. Padahal kebutuhan masyarakat khususnya pulau jawa sebesar 2000 meter kubik per kapita per tahunnya. Hemat air ketika mandi, wudhu dan saat gosok gigi. 

Hemat listrik cabut kabel

Cabutlah kabel peralatan elektronik anda di rumah, meski alat tersebut dalam keadaan mati. Sebanyak 10% pemakaian listrik kita di rumah, tersedot oleh peralatan-peralatan yang sesungguhnya sudah kita matikan. Karena, selama kabel alat tersebut tersambung langsung pada listrik, maka dia terus menerus menyedot daya.

Tanamlah pohon di akhir pekan

Tanamlah pohon, meski hanya sebatang karena kelak apa yang kita tanam akan datang bersaksi di hari perhitungan, bahwa kita tak hanya biasa berpangku  tangan saat alam memerlukan bantuan.

Kendalikan Air Conditioner

Gunakan AC secara bijak, matikan bila tidak perlu, karena AC bukan saja tentang freon dan CFC, tapi energi listrik luar biasa besar dayanya.

Selamatkan Hutan, Hemat Tisu

Bahan dasar tisu adalah kayu, dan kayu untuk industri ditebang dari hutan-hutan di seluruh penjuru negeri. Semakin banyak kita memakai tisu, semakin cepat hutan kita dirusak. Konon, kita menggunakan tisu toilet rata-rata delapan lembar sekali pakai, atau 57 lembar setiap hari. Dikali setahun, maka jumlahnya 20.805 lembar tisu.

oleh Herry Nurdi/seri buku akhir zaman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar